Rabu, 20 Maret 2013

Mareza Khairunnisa (Pertemuan 1)


Pertumbuhan dan Perkembangan
  • Tumbuh adalah pertambahan ukuran volume, massa, tinggi, atau ukuran lainnya yang dapat dinyatakan dalam bilangan atau secara kuantitatif.
  • Menurut Jellife D.B (1989) pertumbuhan adalah peningkatan secara bertahap dari tubuh, organ  dan jaringan dari masa konsepsi sampai remaja. (Supriasa. 2001: 27)
  • Perkembangan (development) adalah pola perubahan yang dimulai sejak pembuahan, yang berlanjut sepanjang rentang hidup. Kebanyakan perkembangan melibatkan pertumbuhan, meskipun juga melibatkan penuaan.
  • Menurut Gesel, perkembangan merupakan suatu proses kematangan atau fisiologi. Selagi kematangan fisiologi tidak dicapai, apa saja yang dilakukan seperti berjalan tidak akan bisa tercapai.
  • Robert Havighurst menyatakan bahwa perkembangan seseorang anak-anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Ini merupakan satu elemen penting yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.
           Pola – Pola Pertumbuhan

             Cephalocaudal : rangkain dimana pertumbuhan paling besar terjadi di bagian atas – yaitu kepala – dengan pertumbuhan fisik dalam ukuran, berat badan, dan perbedaan cirri yang secara bertahap bekerja dari atas ke bawah 
            Proximodistal    : rangkaian pertumbuhan yang dimulai dari pusat tubuh dan bergerak kea rah tangan dan kaki. Contoh : kendali otot tubuh dan lengan matang sebelum kendali tangan dan jari.

           Perkembangan Motorik
    
  Motorik halus : kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata tangan
  Motorik kasar : gerak fisik yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh, dengan menggunakan otot – otot besar.
             
         Prinsip Pertumbuhan Perkembangan

1.       pertumbuhan dan perkembangan individu bersifat dinamis, perubahannya kadang – kadang lambat, tetapi bisa juga cepat, berkenaan dengan salah satu aspek/beberapa aspek perkembangan
2.       berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek
3.       setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda
4.       secara relative beraturan/mengikuti pola – pola tertentu 
5.       berlangsung secara berangsur – angsur sedikit demi sedikit
6.       berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju ke yang lebih khusus mengikuti proses diferensial dan integrasi
7.       secara normal pertumbuhan, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat
8.       pada aspek – aspek tertentu berjalan sejajar/berkolerasi dengan aspek lainnya

         Tahapan – Tahapan Perkembangan Masa Prenatal

·         Periode Germinal
Periode awal / germinal adalah periode perkembangan prakelahiran yang berlangsung pada 2 minggu pertama setelah pembuahan. Meliputi penciptaan zigot, dilanjutkan dengan pemecahan sel dan melekatnya zigot ke dinding kandungan.
·         Periode Embrioni
Periode perkembangan pra kelahiran yang terjadi dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan
·         Periode Fexal
Periode perkembangan pra kelahiran yang mulai 2 bulan setelah pembuahan dan pada umumnya berlangsung selama 7 bulan



Referensi :
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak.Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar