Ø Teori biologis
Menurut konkrad lorenz (1903-1989 seorang zoologist), teorinya menekakan bahwa perilaku sangat di pengaruhi oleh biologis yang erat hubunganya dengan evolusi dan di karakteristikan dengan masa sensitive.konsep yang penting dalam teori ini adalah “ imprinting”. Imprinting adalah perubahan cepat, pembelajaran yang sudah di wariskan dalam periode kritis tertentu yang melibatkan kedekatan dengan objek yang pertama kali di lihat.
Ø Teori kematangan
Teori ini merupakan tidak lanjut dari teori rousseau yang menyatakan bahwa perilaku merupakan hasil dari rancangan fisik yang berasal dari dalam individu.pencetus teori kematangan ini adalah Arnold Gesell (1880-1961). Gesell sangat tertarik untuk mempelajari dunia anak, sehingga ia rela menempuh program studi kedokteran di usia 30 tahun meskipus
Ø Teori etologis
Ø Teori ini di wakili oleh John Bowlby(1907-1990). Ia memperoleh gambaran bahwa anak-anak yang tinggal di penampungan tau panti sosial ternyata mengalami masalah emosional dan kurang mampu menjalin hubungan dengan orang lain secara intim.
Ø Teori psikodinamika
Psikodinamika adalah model psikologi yang mendasarkan pada kepercayaan bahwa perilaku didorong oleh energi dari dalam dan lebih banyak dikuasai oleh ketidaksadaran. Teori ini berfokus pada cara anak mengembangkan representasi simbolik dari orang-orang yang penting dalam kehidupan mereka,terutama orang tua mereka.menurut teori psikodinamika kepribadian individu terdiri dari bagian-bagian yang merupakan gabungan ( hasil introjeksi) dari figur-figur orang tua.
Ø Sigmund freud
Mengenai perkembangan manusia, freud mempunyai dua pendapat pokok. Pertama, beberapa tahun pertama dalam kehidupan manusia (0-5 tahun) merupakan masa yang paling penting dalam pembentukan kepribadian individu. Kedua, perkembangan manusia melibatkan tahap perkembangan psiko-seksual.
Tahap tahap perkembangan psiko-seksual adalah:
Tahap oral lahir -1 tahun
Tahap anal 1-3 tahun
Tahap phalik 3-5 tahun
Tahap laten 5 tahun- awal masa puber
Tahap genital masa remaja
Ø Erik erikson
Erikson menerima dan mengikuti teori freud tentang struktur psikologis, kesadaran dan ketidaksadaran, dorongan (drive),tahap- tahap perkembangan psikoseksual, dan metodologi psikoanalisis. Namun, erikson menambahkan ke teori-teori freud tersebut 8 tahap perkembangan psiko-sosial.
Tahap 1 trust vs.mistrust
Tahap 2 autonomy vs. Shome, doubt
Tahap 3 initiative vs. Guilt
Tahap 4 industry vs. Inferiority
Tahap 5 identy and repudiation vs. Identity diffusion
Tahap 6 intimacy and solidarity vs.isolation
Tahap 7 generativity vs.self-absorption
Tahap 8 integrity vs.despair
Ø Teori perkembangan kognitif
Teori perkembangan konitif menyatakan bahwa bahwa anak akan membangun dunia kognitif mereka sendiri karena anak mampu mengola h informasi yang di terima untuk mengembangkan gagasan baru, tidak hanya sekedar menerima informasi dari lingkungan.terdapat dua hal penting dalam proses pnyesuaian diri dengan lingkungan yaitu asimilasi dan akomodasi.
Ø Teori perkebangan kognitif ” menurut jean piaget”
Seorang psikolog swiss yang bernama Jean Piaget ( 1896-1980) menyatakan bahwa anak akan membangun dunia kognitif mereka sendiri karena anak mampu mengolah informasi dari lingkungan.asimilasi terjadi ketika individu menghubungkan informasinya baru ke dalam pengetahuan mereka sebelumnya.
Ø Teori belajar
Teori ini merupakan pengembangan dari teori belajar yang sudah di kemukakan oleh Pavlov, Watson, maupun Skinner.Pavlov terkenal dengan teori kondisioning klasik,bahwa pada awalnya respons dapat di ciptakan melalui stimulus yang tepat, meskipun semakin lama dengan stimulus pendamping akan menghasilkan respons yang sama.
Ø Teori behaviorisme”Aliran behavior dari watson”
- Rumpun teori ini di sebut behaviorisme karena sangat menekankan perilaku atau tingkah laku yang dapat diamati atau di ukur teori- teori dalam rumpun ini bersifat molekular, karena memandang kehidupan individu terdiri dari beberapa unsur seperti halnta melekul melekul
- Aliran Behaviour
Memandang bahwa ketika dilahirkan manusia tidak membawa bakat apa-apa. Manusia akan berkembang berdasarkan stimulus yang diterima dari lingkungan sekitarnya.
Ø Teori vygotsky
Seperi Piaget, Lev Vygotsky menekankan bahwa anak-anak secara aktif menyusun pengetahuan mereka. Akan tetapi manurut Vygotsky, fungsi-fungsi mental memiliki koneksi-koneksi sosial. Vygotsky berpendapat bahwa anak-anak mengembangkan konsep-konsep lebih sistematis,logis, dan rasional sebagai akibat dari percakapan dengan seorang penolong yang ahli. Jadi, dalam teori Vygotsky orang lain dan bahasa memegang perang penting dalam perkembangan kognitif anak ( Berninger dkk,2004; Camilleri,2005; Fidalgo dan pereira, 2005; stetsenko dan Arievitch,2004).
Referensi
http://hbis.wordpres.com/2009/24/perkembngan aspek fisik motorik kognitif bahasa moral sosialnemosi dan agama dari bayi hingga anak-anak/html.23-10-10/12:46
Nuryanti lusi.2008.psikologi anak.Jakarta.PT INDEKS
Pratisi dinar wiwien.2008.psikologi anak usia dini.Jakarta.PT INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar