Anda perlu mengetahui tentang pertumbuhan dan
perkembangan anak anda. Seringkali kita mendengar istilah pertumbuhan dan
perkembangan. apakah kedua istilah tersebut memiliki kesamaan arti atau
malah berbeda. Untuk memahami lebih dalam tentang istilah pertumbuhan dan
perkembangan anak langsung saja kita menuju pembahasan di bawah ini.
Istilah pertumbuhan dan perkembangan seringkali
dipergunakan seolah-olah keduanya mempunyai pengertian yang sama, karena
menunjukan adanya suatu proses perubahan tertentu yang mengarah kepada
kemajuan. Padahal sesungguhnya istilah pertumbuhan dan perkembangan ini
mempunyai pengertian yang berbeda.
Pertumbuhan
dapat diartikan sebagai perubahan yang bersifat kuantitatif, sebagai akibat
dari adanya pengaruh luar atau lingkungan. Pertumbuhan mengandung arti adanya
perubahan alam ukuran dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut
perubahan fisik.
Selain dari
pengertian di atas, pertumbuhan dapat didefinisikan pula sebagai perubahan
secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang
berlangsung secara normal pada diri individu yang sehat dalam fase-fase
tertentu. Hasil dari pertumbuhan ini berupa bertambah panjang tulang-tulang
terutama lengan dan tungkai, bertambah tinggi dan berat badan serta makin
bertambah sempurnanya susunan tulang dan jaringan syaraf. Pertumbuhan ini akan
terhenti setelah adanya maturasi atau kematangan pada diri individu.
Berbeda
dengan pertumbuhan, perkembangan adalah suatu perubahan fungsional yang
bersifat kualitatif, baik dari fungsi-fungsi fisik maupun mental sebagai hasil
keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan.
Perkembangan
dapat juga dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan yang bersifat
sistematis, dalam arti saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara
aspek-aspek fisik dan psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.
Contoh,. anak diperkenalkan bagaimana cara memegang pensil, membuat huruf-huruf
dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan belajar menulis akan mudah dan
cepat dikuasai anak apabila proses latihan diberikan pada saat otot-ototnya
telah tumbuh dengan sempurna, dan saat untuk memahami bentuk huruf telah
diperoleh.
Dengan
demikian anak akan mampu memegang pensil dan membaca bentuk huruf. Selain itu
perubahan juga bersifat progresif, yang berarti bahwa perubahan yang terjadi
bersifat maju, meningkat dan mendalam baik secara kualitatif maupun
kuantitatif. Contoh, perubahan pengetahuan dan kemampuan anak dari yang
bersifat sederhana berkembang ke arah yang lebih kompleks Berkesinambungan
merupakan ciri lain dari perubahan yang terjadi, artinya perubahan itu
berlangsung secara beraturan atau berurutan, tidak bersifat meloncat loncat
atau karena unsur kebetulan. Contoh, agar anak mampu berlari maka sebelumnya
anak harus mampu berdiri dan merangkak terlebih dahulu.
Melalui
belajar anak akan berkembang, dan akan mampu mempelajari hal-hal yang baru.
Perkembangan akan dicapai karena adanya proses belajar, sehingga anak
memperoleh pengalaman baru dan menimbulkan perilaku baru.
Dari uraian
pengertian perkembangan di atas perlu disadari bahwa pertumbuhan fisik
mempengaruhi perkembangan psikis individu, karena pada suatu saat tertentu
kedua istilah ini dapat digunakan secara bersamaan. Dengan kata lain,
perkembangan merupakan hasil dari pertumbuhan, pematangan fungsi-fungsi fisik,
pematangan fungsi-fungsi psikis dan usaha belajar.
Dari uraian
di atas kita bisa mengetahui bahwa pertumbuhan
dan perkembangan anak memiliki pengertian yang berbeda tetapi memiliki
kesinambungan makna dalam membangun karakter dan pendidikan anak usia dini (PAUD).
Referensi :
Nama : Istiara Octaviani
PG PAUD UHAMKA
Semester 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar