Rabu, 20 Maret 2013

Dewi Mustika (pertemuan 2)


Teori perkembangan
Biologis
Model dalam psikologi yang memandang perilaku manusia dan hewan dari sudut pandang biologis.
Teori kematangan
§  Menurut Arnold Gesell (1880-1961) terdapat dua hal penting dalam perkembangan seorang anak bahwa anak merupakan produk dari lingkungan. Namun secara fundamental, perkembangan anak ditentukan oleh unsure dari dalam yang sering disebut dengan gen. Semakin bertambah usia seseorang akan menjadi semakin matang.
Teori etologis
§  Menurut John Bowlby (1969-1989) menyatakan bahwa kelekatan pada pengasuh selama satu tahun pertama kehidupan memiliki konsekuensi penting sepanjang hidup.
Teori psikodinamika
Menurut Sigmund Freud kepribadian dewasa kita ditentukan oleh cara kita menyelesaikan konflik antara sumber kesenangan awal ini mulut, anus, dan kelamin dan tuntutan kenyataan. Karena Freud menekankan pada motivasi seksual. tahap perkembangan psikoseksual yang terdiri dari 5 tahap yaitu :
§  Tahap oral selama 18 bulan pertama, dimana kesenangan bayi terpusat di sekitar mulut.
§  Tahap anal terjadi pada anak usia 1 - 3 tahun memasuki masa toilet traning.
§  Tahap phallic terjadi pada anak usia hingga 6 tahun, terfokus pada alat kelamin.
§  Tahap latency terjadi pada anak usia 6 tahun hingga masa puber.
§  Tahap genital terjadi mulai masa puber dan seterusnya. Tahap genital adalah saat kebangkitan seksual sumber kesenangan seksual sekarang didapat dari seseorang di luar keluarga. (Santrock)

 Erik Erikson mengemukan, 8 tahap perkembangan berkembang sepanjang kehidupan, yaitu:
§  Kepercayaan vs ketidakpercayaan dialami pada bayi lahir hingga usia 1 atau 2 tahun.
§  Otonomi vs rasa malu dan ragu-ragu terjadi pada masa bayi akhir dan masa kanak-kanak awal.
§  Inisiatif vs rasa bersalah perkembangan ini dilalui selama usia bermain atau prasekolah.
§  Kerja keras vs rasa inferior disekitar tahun sekolah dasar.
§  Identitas vs kebingungan mencari jati diri saat remaja.
§  Keintiman vs isolasi dialami seseorang masa dewasa awal.
§  Generativitas vs stagnasi diamlami seseorang pada masa dewasa tengah.
§  Integritas vs keputusasaan yang dialami seseorang pada masa dewasa akhir.

Teori perkembangan kognitif
Menurut piaget bahwa anak secara aktif membangun pemahaman mengenai dunia dan melalui tahap perkembangan kognitif. Piaget yakin bahwa proses-proses penting tersebut meliputi skema, asimilasi, akomodasi,dan penyeimbangan. (Santrock)
§  Asimilasi penggabungan informasi baru ke dalam pengetahuan yang telah dimilikinya.
§  Akomodasi menyesuaikan pengetahuan nereka agar cocok dengan informasi dan pengalaman baru.
§  Penyeimbanga suatu mekanisme yang diajukan piaget untuk menjelaskan bagaimana anak-anak berpindah dari satu tahapan pemikiran ke tahapan pemikirannya lainya.




The informtion processing apparoach
Teori ini menekankan bahwa seseorang melakukan manipulasi informasi, mengawasi, dan melakukan strategi terhadap informasi tersebut, dalam teori ini adalah memori dan berfikir. (Artikel berjudul Teori-Teori perkembangan)
Perkembangan moral dari Kohlberg merupakan penyempurnaan dari pendapat piaget. Dia menyatakan perkembangan moral hanya melalui dua fase Pemahaman bahwa perilakunya salah akan memiliki  konsekuensi yang didapat berakibat dan Anak yang lebih dewasa usianya maka menilai perilaku salah berdasarkan pada niat yang terjadi pada dirinya dan lingkungan.

Pandangan belajar
Menurut Albert Bandura dan Walter Mischel teori belajar sosial ini adalah pembentuk perilaku sosial adalah adanya proses imitasi atau proses meniru.

Skinner (1958) mengatakan belajar merupakan proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Menurut Skinner dalam belajar “harus memiliki kesempatan untuk peristiwa yang akan menimbulkan respons dalam belajar, merespon sianak untuk minat belajar, dan Konsekwensi yang bersifat baik sebagai teguran atau hukuman”.

Teori Lev Vyotsky
Menurut Vygotsky sosial budaya yang mengutamakan bagaiman interaksi sosisl dan budaya menurut perkembangan kognitif. Pandangan Vygotsky :
§  Keterampilan kognitif anak dapat dipahami apabila mereka dianalisa dan diintrepretasi.
§  Keterampilan kognitif berasal dan terikat dengan hubungan sosial dan kebudayaan



Sumber
Santrock W John.2007.Ilmu Perkembangan Anak.Jakarta:Penerbit Erlangga
Pratisti Dinar Wiwien.2008.Psikologi Anak Usia Dini.Jakarta:Penerbit PT Indeks
Sagala Syaiful.2012.konsep dan makna perkembangan.Bandung:Penerbit Alfabeta

http://adzkiyak.wordpress.com/2011/12/09/pendekatan-behavior/

nuryanti lusi.psikologi perkembangan.jakarta:pt indek.2008



Tidak ada komentar:

Posting Komentar