PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A.
Hakikat
perkembangan dalam anak usia dini
Berikut ini
merupakan pengertian perkembangan menurut beberapa ahli :
o
Mengutipn
tulisan Jamaris : perkembangan merupakan suatu proses kumulatif yang artinya
menjadi dasar perkembangan selanjutnya.
o
Montessori
dalam Hainstock : perkembangan merupakan masa sensitif, karena masa inilah anak
menerima stimulus dari lingkungannya.
B.
Aspek
perkembangan
Catron Allen
menyebutkan ada 6 aspek perkembangan anak usia dini yaitu :
o
Kesadaran
personal
o
Pengenmbangan
emosi
o
Membangun
sosialisasi
o
Pengembangan
komunikasi
o
Pengembangan
kognitif
o
Pengenmbangan
kemampuan motorik
C.
Pengertian
kecerdasan kinestik
Atau disebut juga kecerdasan fisik. Ialah suatu kecerdasan dimana
saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tuguhnya
untuk melakukan gerakan seperti menari, berlalri, membangun sesuatu, melakukan
kegiatan seni, dan hasta karya.
D. Kemampuan motorik sebagai komponen inti kecerdasan kinestik
Masa
kanak-kanak disebut ‘’saat ideal’’ untuk mempelajari keterampilan motorik,
karena tubuh orang dewasa atau remaja kurang memiliki keterampilan yang
bertentangan dengan hal-hal baru yang mungkin telah dipelajari lebih dulu ,
menyenangi pengulangan, dan memliki waktu yang lebih lama untuk mempelajari
keterampilan motorik ketimbang waktu yang mereka miliki ketika mereka sudah
besar.
Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan
jasmaniyah melalui kegiatan urat syaraf, pusat syaraf, dan oto yang
terkoordinasi.
Hal-hal yang penting dalam mempelajari keterampilan motorik :
1.
Keseimbangan
& kesempatan belajar
2.
Motivasi
3.
Model
yang baik
4.
bimbingan
Prinsip perkembangan motorik :
1.
Perkembangan
motorik bergantung pada kematangan otot syaraf
2.
Belajar
leterampilan motorik tidak terjadi sebelum anak matang
3.
Perkembangan
motorik mengikuti pola yang telah diramalkan
4.
Perbedaan
individu dalam laju perkembangan motorik
Fungsi keterampilan motorik :
1.
Keterampilan
bantu diri
2.
Keterampilan
bantu sosial
3.
Keterampilan
bermain
4.
Keterampilan
sekolah
Bahaya dalam perkembangan motorik :
1.
Terlambatnya
perkembangan motorik
2.
Harapan
leterampilan yang tidak realistik
3.
Tidak
dapat mempelajari keterampilan motorik yang penting
4.
Landasan
ketrampilan yang jelek
5.
Kekakuan
Sumber :
Harlock, Elizabeth B, Child Development (Perkembangan anak),
PT Erlangga, Jakarta : 1978
Sujiyono, DR Yuliani Nuraini, Konsep Dasar PAUD, PT :
Indeks, Jakarta : 2009
Sujiyono, DR Yuliani Nurani, Bambang Sujiyono, Bermain Kreatif
Berbasis Kecerdasan Jamak, PT Indeks, Jakarta : 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar