Rabu, 20 Maret 2013

Ainurisa Resti Safira (pertemuan 1)


PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI


A.      Hakikat perkembangan dalam anak usia dini

Berikut ini merupakan pengertian perkembangan menurut beberapa ahli :
o   Mengutipn tulisan Jamaris : perkembangan merupakan suatu proses kumulatif yang artinya menjadi dasar perkembangan selanjutnya.
o   Montessori dalam Hainstock : perkembangan merupakan masa sensitif, karena masa inilah anak menerima stimulus dari lingkungannya.
                                                     
B.       Aspek perkembangan

Catron Allen menyebutkan ada 6 aspek perkembangan anak usia dini yaitu :

o   Kesadaran personal
o   Pengenmbangan emosi
o   Membangun sosialisasi
o   Pengembangan komunikasi
o   Pengembangan kognitif
o   Pengenmbangan kemampuan motorik

C.   Pengertian kecerdasan kinestik

Atau disebut juga kecerdasan fisik. Ialah suatu kecerdasan dimana saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tuguhnya untuk melakukan gerakan seperti menari, berlalri, membangun sesuatu, melakukan kegiatan seni, dan hasta karya.

D.  Kemampuan motorik sebagai komponen inti kecerdasan kinestik

Masa kanak-kanak disebut ‘’saat ideal’’ untuk mempelajari keterampilan motorik, karena tubuh orang dewasa atau remaja kurang memiliki keterampilan yang bertentangan dengan hal-hal baru yang mungkin telah dipelajari lebih dulu , menyenangi pengulangan, dan memliki waktu yang lebih lama untuk mempelajari keterampilan motorik ketimbang waktu yang mereka miliki ketika mereka sudah besar.

Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniyah melalui kegiatan urat syaraf, pusat syaraf, dan oto yang terkoordinasi.
Hal-hal yang penting dalam mempelajari keterampilan motorik :
1.      Keseimbangan & kesempatan belajar
2.      Motivasi
3.      Model yang baik
4.      bimbingan

Prinsip perkembangan motorik :
1.      Perkembangan motorik bergantung pada kematangan otot syaraf
2.      Belajar leterampilan motorik tidak terjadi sebelum anak matang
3.      Perkembangan motorik mengikuti pola yang telah diramalkan
4.      Perbedaan individu dalam laju perkembangan motorik

Fungsi keterampilan motorik :
1.      Keterampilan bantu diri
2.      Keterampilan bantu sosial
3.      Keterampilan bermain
4.      Keterampilan sekolah

Bahaya dalam perkembangan motorik :
1.      Terlambatnya perkembangan motorik
2.      Harapan leterampilan yang tidak realistik
3.      Tidak dapat mempelajari keterampilan motorik yang penting
4.      Landasan ketrampilan yang jelek
5.      Kekakuan

Sumber :

Harlock, Elizabeth B, Child Development (Perkembangan anak), PT Erlangga, Jakarta : 1978
Sujiyono, DR Yuliani Nuraini, Konsep Dasar PAUD, PT : Indeks, Jakarta : 2009
Sujiyono, DR Yuliani Nurani, Bambang Sujiyono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, PT Indeks, Jakarta : 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar