Rabu, 20 Maret 2013

Lugina Fitria Hakim (Pertemuan 1)


Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
1.  Definisi Perkembangan Menurut Para Ahli
-    Menurut Gesel, perkembangan merupakan suatu proses kematangan atau fisiologi.(http://nurhayatipaic.blogspot.com/2012/01/teori-pertumbuhan-dan-perkembangan.html/)
-   Menurut Havighurst, perkembangan ialah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mata fungsi organ-organ jasmaniah, bukan organ-organ jasmaniahnya itu sendiri. (http://nurhayatipaic.blogspot.com/2012/01/teori-pertumbuhan-dan-perkembangan.html/)
-   Menurut Montessori, perkembangan tidak terjadi dalam satu jenjang menanjak berkelanjutan atau dalam cara konstan atau linear sejak lahir hingga dewasa. (Roopnarine, James.2011:385)

2.   Definisi Pertumbuhan Menurut Para Ahli
-   Menurut Jellife D.B (1989) pertumbuhan adalah peningkatan secara bertahap dari tubuh, organ  dan jaringan dari masa konsepsi sampai remaja. (Supriasa. 2001: 27)
-   Definisi Pertumbuhan  (Growth) berkaitan dengan perubahan besar, jumlah, ukuran dan fungsi tingkat  sel, organ maupun individu yang diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram) ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh). (Supriasa. 2001: 27)
-   Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah sel serta jaringan intraseluler, berarti bertambahnya  ukuran fisik dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau seluruhnya. Jadi bersifat kuantitatif sehingga dengan demikian dapat kita ukur dengan mempergunakan satuan panjang atau satuan berat (Narendra, Moersitowati. 2002: 1).
-   Pertumbuhan mengacu pada perubahan fisik tertentu dan peningkatan ukuran tubuh anak. (www.sarjanaku.com/2013/01/pengertian-pertumbuhan-definisi-menurut.html/ )
-   Pertumbuhan adalah indikator dinamik yang mengukur pertambahan berat dan tinggi/panjang anak. (www.sarjanaku.com/2013/01/pengertian-pertumbuhan-definisi-menurut.html/ )

3.    Pengertian Kecerdasan Kinestetik
-   Menurut Amstrong (2002:3) berpendapat bahwa kecerdasan kinestetik adalah suatu kecerdasan dimana saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan gerakan.

4.  Pengertian Motorik Kasar
-    Menurut Hurlock motorik kasar merupakan gerakan yang terjadi karena adanya koordinasi otot-otot besar, seperti berjalan dan melompat. (http:id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2200737-pengertian-perkembangan-motorik/)
-     Widodo (2008)Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri.
5.  Pengertian Motorik Halus
-       Menurut Hurlock mororik halus berkaitan dengan gerakan yang menggunakan otot halus seperti menggambar dan menggunting.
 (http:id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2200737-pengertian-perkembangan-motorik/)
-       Menurut Moelichatoen (2004) motorik halus adalah “merupakan kegiatan yang menggunakan otot – otot halus pada jari dan tangan. Gerakan ini keterampilan bergerak”. (http://arifuddin-proposalptk.blogspot.com/2011/07/peningkatan-kemampuan-motorik-halus.html)
-       Menurut Nursalam (2005) perkembangan motorik halus adalah kemampuan anak untuk mengamati sesuatu dan melakukan gerak yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan otot-otot kecil, memerlukan koordinasi yang cermat serta tidak memerlukan banyak tenaga.(http://arifuddin-proposalptk.blogspot.com/2011/07/peningkatan-kemampuan-motorik-halus.html)

6.  Pola Pertumbuhan
a.    Pola cephacaudal
-     Pola cephalocaudal merupakan rangkaian dimana pertumbuhan tercepat selalu terjadi di kepala. Pertumbuhan fisik dalam ukuran, berat badan dan perbedaan ciri fisik secara bertahap bekerja dari atas ke bawah. (http://aksarasahaja.wordpress.com/2011/01/04/perkembangan-dan-pertumbuhan-anak-neonatal/)
-   Cephalocaudal atau head to tail direction ( dari arah kepala kemudian kekaki).
 Misal : Mengangkat  kepala dulu kemudian dada dan ekstremitas bawah.     (http://arihdyacaesar.wordpress.com/2010/01/13/perkembangan-masa-bayi/)
b.    Pola proximodistal
-     Pola proximodistal merupakan rangkaian pertumbuhan yang mulai dari pusat tubuh dan bergerak kearah tangan dan kaki. (http://aksarasahaja.wordpress.com/2011/01/04/perkembangan-dan-pertumbuhan-anak-neonatal/)
-     Proximadistal atau Near to far direction ( menggerakan anggota gerak yang
paling dekat dengan pusat/sumbu tengah dan yang lebih jauh dari pusat).
Misal : bahu dulu baru jari-jari

7.  Tahapan-tahapan perkembangan masa prenatal
a.    Tahap germinal atau awal
-     Tahap awal mengacu pada empat belas hari pertama masa kehamilan. (Allen, Lynn.2010:37)
-     Periode awal/tahap germinal ialah periode perkembangan prakelahiran yang berlangsung pada 2 minggu pertama setelah pembuahan.  (Santrock.2012:104)
b.    Periode Embrio
-     Tahap embrio berlangsung selama minggu ketiga sampai kedelapan masa kehamilan. (Allen, Lynn.2010:37)
-     Periode Embrio ialah periode perkembangan prakelahiran yang terjadi dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan. (Santrock.2012:105)
c.    Periode Fetal/janin
-     Tahap janin mengacu pada periode antara Sembilan minggu sampai permulaan proses melahirkan dan pada saat melahirkan. (Allen, Lynn.2010:38)
-     Periode fetal ialah periode perkembangan prakelahiran yang mulai 2 bukan setelah pembuahan dan pada umumnya berlangsung selama 7 bulan. (Santrock.2012:107)


Sumber:

www.sarjanaku.com/2013/01/pengertian-pertumbuhan-definisi-menurut.html/ , diakses pada tanggal 15 Maret 2013




 http:id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2200737-pengertian-perkembangan-motorik/, diakses pada tanggal 18 Maret 2013

Allen, Lynn.2010.Profil Perkembangan Anak.Jakarta:Penerbit PT Indeks

Narendra,Moersintowati.2012.Tumbuh Kembang Anak dan Remaja.Jakarta:CV SAGUNG SETO
Roopnarine L. Jaipaul, James E. Johnson.2011.Pendidikan Anak Usia Dini:Dalam Berbagai   Pendekatan.Jakarta:Kencana

Santrock.2012.Perkembangan Masa Hidup.Jakarta:Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar